Setelah hadirnya fitur Accelerated Mobile Pages (AMP), ternyata Google masih tak henti-hentinya untuk memperbaharui sistemnya dan menciptakan inovasi-inovasi terbaru setiap waktunya, yang salah satu inovasi terbaru saat ini ialah Indeks Mobile.

Di dalam keterangannya, Google menyampaikan bahwa sistem yang dipakai dalam mesin indexing nanti ialah Indeks Mobile yaitu sistem Mobile-First Index.

uji coba mobile indeks

Walaupun Google mengatakan bahwa sistem Mobile-First Index ini masih dalam tahap percobaan, namun pihaknya akan terus mengembangkan sistem indexing ini untuk menjadi patokan dalam mesin indexing Google nanti.

Masih belum mengerti?

Oke mulai dari awal. Apa itu Mobile-First Index? Mobile-First Index adalah sistem indexing terbaru yang dibuat oleh Google untuk merayapi situs dalam versi mobile terlebih dahulu, baru disusul oleh perayapan untuk situs versi desktop.

Jadi bisa dikatakan bahwa Indeks Mobile adalah Indeks Utama dalam dunia indexing Google dan Indeks Desktop adalah indeks sekunder.

Ini juga bisa menjadi kode keras bagi kita, bahwa Google pasti akan terus mengevaluasi dan mengubah sususan sistem indexing-nya, dan ini akan menjadi patokan utama kita untuk selalu mengamati perubahan-perubahan SEO kedepannya.

Selain itu bagi sobat yang tak memiliki situs dalam versi mobile, tak perlu panik dan gelisah. Karena Google memastikan bahwa Indeks Desktop masih digunakan untuk membuat peringkat situs.

Lagipula pihak Google juga menegaskan bahwa jika situs yang sudah memiliki tampilan yang responsive, maka hal tersebut sudahlah cukup menguntungkan bagi sobat.

Selain itu Google juga telah memberi pernyataan dan tips yang pasti sangat dibutuhkan bagi para Blogger terkhususnya bagi para Webmaster.

Informasi lebih lengkapnya bisa sobat kunjungi di situs Offcial Google Webmaster disini, atau bisa juga langsung membaca terjemahannya dibawah ini :

    • Jika Anda memiliki situs responsif atau situs porsi yang dinamis di mana konten utama dan markup setara di mobile dan desktop, Anda tidak perlu mengubah apa pun.
    • Jika Anda memiliki konfigurasi situs di mana konten utama dan markup berbeda di mobile dan desktop, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat beberapa perubahan ke situs Anda.
    • Pastikan untuk melayani markup terstruktur untuk kedua desktop dan versi mobile. Situs dapat memverifikasi kesetaraan markup terstruktur mereka di desktop dan ponsel dengan mengetikkan URL dari kedua versi ke Alat Pengujian Data Terstruktur dan membandingkan output.
      Ketika menambahkan data terstruktur ke situs mobile, hindari menambahkan jumlah besar markup yang tidak relevan dengan isi informasi spesifik dari setiap dokumen.
    • Gunakan alat pengujian robots.txt untuk memverifikasi bahwa versi mobile Anda dapat diakses oleh Googlebot.
    • Situs tidak harus membuat perubahan ke link kanonik (canonical); kami akan terus menggunakan link ini sebagai panduan untuk melayani hasil yang sesuai untuk pengguna mencari di desktop atau mobile.
    • Jika Anda adalah pemilik situs yang hanya memverifikasi situs desktop mereka di Search Console, silahkan menambahkan dan memverifikasi versi mobile Anda.
    • Jika Anda hanya memiliki situs desktop, kami akan terus mengindeks situs desktop Anda baik-baik saja, bahkan jika kita menggunakan agen pengguna ponsel untuk melihat situs Anda.

 

So, tak perlu khawatir lagi bagi sobat yang belum mempunyai situs versi mobile, karena sejatinya pihak Google sudah memberi keleluasan bagi situs versi apapun itu untuk saling berkompetisi di panggung indexing dan SEO.

Walaupun akan terus bersaing dengan situs lainnya yang sudah mempunyai situs versi mobile, yang terpenting buatlah website sobat seramah mungkin bagi pengguna Mobile. Karena memang sudah tujuan utama Google untuk selalu memanjakan para pengguna Mobile.

Tapi…, Apakah Alasan Diciptakannya Indeks Mobile?

Google Indexing dan Spider

Dalam keterangan dari pihak Google sendiri di Situs Official Google Webmaster, alasan dibalik diciptakannya Indeks Mobile ialah tak lain karena melonjaknya pengguna perangkat mobile dari tahun ke tahun.

Namun bagaimanapun juga ternyata sistem Indeks didalam Algoritma Google ternyata masih dalam keadaan manual yaitu masih terpusat pada Indeks Desktop, sehingga yang ditakutkan ialah tak relevannya hasil pencarian antara perangkat Mobile dan Desktop.

Jadi bisa disimpulkan bahwa alasan dibalik diciptakannya Indeks Mobile yaitu antara lain untuk menyelerasikan hasil penelusuran antara perangkat Mobile dan Desktop, sehingga hasil yang didapat memang relevan dan sesuai dengan keyword yang dicari.

Sebenarnya sinyal Google untuk lebih memperhatikan pengguna Mobile sudah dimulai dari munculnya label Mobile Friendly pada situs-situs yang dianggap tampilannya sudah rensponsive untuk perangkat Mobile.

Selain itu pihak Google ternyata juga telah membocorkan hal ini sudah dari satu tahun yang lalu, walaupun informasi formal dari Pihak Google dan detailnya baru disampaikan akhir-akhir ini.