Cara Mencari Keyword – Menurut KBBI, keyword atau kata kunci adalah kata atau ungkapan yang mewakili suatu konsep atau gagasan (termasuk artikel atau konten dalam suatu situs). Dalam arti lain, keyword juga bisa diartikan sebagai ide pokok dan definisi tentang apa maksud dari konten tersebut.

Dalam Marketing, keyword merupakan salah satu aset marketing yang sangat berharga Click To Tweet

Sebenarnya, keyword bukanlah hanya sekedar kata-kata biasa, bahkan keyword bisa dikatakan sebagai salah satu aset marketing yang sangat berharga. Mengapa bisa sangat begitu berharga? Sebab dengan cara mencari keyword yang tepat, Anda dapat dengan mudah menargetkan traffik ke website bisnis Anda.

Baca juga: Cara Dasar Dasar Meningkatkan SEO Website Bisnis Anda

So, gak usah heran, jika kita melihat diluar sana harga sebuah tools atau software yang berfungsi untuk meriset suatu keyword bisa dibadrol dengan harga-harga yang bisa banget menguras isi dompet, karena memang segitu pentingnya mencari keyword terbaik untuk si calon artikel maupun situs.

Bahkan SEO saja tidak akan mampu bekerja dengan baik jika tidak dibarengi dengan keyword yang benar dan terbaik dari yang terbaik. Keyword dapat dengan mudah membantu search engine agar dapat merayapi dan megindeks konten maupun situs, dan keyword merupakan salah satu faktor fondasi dari sebuah konten.

Membuat List Keyword yang Potensial

Sebelum memilih keyword, pastikan Anda mengumpulkan dan membuat daftar beberapa keyword yang potensial untuk menjangkau Audience yang lebih luas. Carilah keyword sebanyak-banyaknya (tapi jangan over juga), setidaknya 10 keyword yang menurut pasar memang dibutuhkan dan paling banyak dicari oleh visitor.

Usahakan gunakanlah keyword yang relevansi dengan konten yang sedang dibuat dan jangan bikin capek diri dengan mencari dan riset keyword yang gak perlu.

Belajar dari Kompetitor Anda (bagaimana cara mereka memilih keyword)

tips cara mencari keyword

Tantangan berat untuk mendapatkan traffik ribuan hingga jutaan adalah bersaing dengan kompetitor-kompetitor yang memang telah lama menargetkan keyword yang sedang Anda incar. Apalagi jika keyword yang sedang diincar, memang merupakan high-competition, maka butuh hingga berbulan-bulan tuh untuk menaikkan konten ke halaman pertama Google.

Itulah mengapa kita harus lebih banyak untuk mengenal dan selalu belajar dari para kompetitor, bukannya malah sibuk mencari kesalahan mereka dan nyinyir gak jelas tentang situs mereka. Persaingan bukan berarti selalu saling bermusuhan dan saling menghancurkan, kalau bisa menjadi motivasi kenapa enggak?

Begitu juga dengan mencari keyword, pelajarilah bagaimana kompetitor Anda dapat menjaring jutaan traffik hanya dengan keyword begini, begitu, dan seterusnya, gunakan firasat kepo sampai ke akar-akarnya. Pelajari bagaimana mereka menentukan keyword terbaik untuk konten maupaun situs mereka.

Berpikirlah Seperti Customer atau Konsumen

Jika memang Anda sedang membuat artikel untuk endorse atau mempromosikan suatu produk ataupun memang Anda sedang membangun website bisnis seperti e-commerce, maka sangat penting sekali untuk berpikir seperti customer Anda.

Tentu untuk mengerti seperti apa customer atau calon customer Anda adalah dengan observasi bagaimana pola pikir mereka, mendengarkan setiap komentar dan keluhan mereka, hingga kata-kata apa yang sering mereka gunakan dalam mencari sesuatu produk.

Perhatikan hal-hal apa yang sering memudahkan Audience untuk mencari sesuatu produk di search engine hingga mereka dapat menjadi konsumen Anda.

Seperti misalnya Anda ingin membeli sesuatu barang, maka apa yang Anda akan lakukan sebagai konsumen? Bagaimana keyword yang Anda gunakan? Setelah mencari produk tersebut apa yang konsumen lakukan lagi? Apakah testimoni tentang produk tersebut? Atau tentang manfaat dan kekurangan produk?

Gunakan Keyword Tool

Rahasia paling ampuh untuk menemukan keyword terbaik dan mendapatkan ribuan hingga jutaan traffik organik ialah dengan menggunakan Keyword Tool untuk meriset keyword-keyword seperti apakah yang bagus untuk konten artikel blog Anda.

Sebelumnya, Keyword Tool merupakan alat yang membantu kita untuk menemukan data-data keyword yang tepat, relevan, tertarget, populer, memiliki nilai PPC tinggi, dan data-data lainnya yang dapat mendorong meningkatkan peringkat situs di pencarian search engine.

Keyword Tool memiliki dua jenis, ada yang free dan ada yang berbayar. Perbedaannya yang paling mendasar adalah kelengkapan fiturnya. Keyword Tool yang gratis biasanya memiliki fitur yang lebih terbatas dibanding dengan Keyword Tool yang berbayar.

Jadi jangan heran kalau harga sebuah Keyword Tool Premium memang sangat MEMPERIHATINKAN  Tapi, jangan langsung drop dong semangatnya! Sebenarnya dengan Keyword Tool yang gratis sekalipun, sudah cukup ampuh meningkatkan blog atau web Anda nangkring di halaman pertama Google.

Beberapa Keyword Tool Gratis maupun Berbayar yang bisa Anda gunakan:

  • Google Keyword Planner
  • KeywordTool.io [Free]
  • SEMrush [30 hari trial + Premium]
  • UberSuggest [Free]
  • WordSream’s Free Keyword
  • Keyword Revealer
  • Keyword Eye
  • KWFinder
  • dan masih banyak lagi  bisa dicoba satu per satu guys!

Gunakan Long-Tail Keyword dan Latent Semantic Indexing

Long-Tail Keyword

Apa itu Long-Tail Keyword? Dari namanya sepertinya mudah ditebak nih, hehe… Long-Tail Keyword adalah kata kunci yang terdiri dari 3 sampai 5 kata atau bahkan lebih. Jadi definisi umumnya, Long-Tail Keyword merupakan keyword yang lebih panjang dan spesifik.

Alasan mengapa kita harus menggunakan Long-Tail Keyword adalah karena banyak visitor atau calon customer menggunakan keyword yang lebih panjang dan spesifik disaat mereka ingin membeli suatu produk atau ingin lebih mengetahui informasi detail tentang produk yang ingin ia beli.

Selain itu dengan menggunakan Long-Tail Keyword (atau singkat saja LTK, ya, biar simple ), Anda juga dapat menjangkau audience yang lebih tertarget karena jangkauannya yang lebih sempit dibandingkan dengan keyword umum yang hanya terdiri 1 – 2 kata saja. Jadi kalau dalam dunia SEO, LTK juga dapat berfungsi untuk menaikkan peringkat pencarian situs di SERP Google.

Latent Semantic Indexing

Latent Semantic Indexing atau sering disingkat LSI adalah salah satu bagian dari algoritma Google yang berfungsi menolong search engine untuk mengindetifikasi keyword-keyword terkait dan memproses keyword sinonim untuk membantu hasil pencarian yang akurat.

Atau bisa juga dikatakan, LSI merupakan algoritma yang dikembangkan mesin pencairan layaknya Google untuk memproses dan mengaitkan istilah yang ingin kita cari.

cara mencari keyword

 

Contoh LSI yang sering kita temukan adalah pada saat mencari suatu informasi, contoh keywordnya ialah ‘cara membuat blog’. Nah, dari sini kita bisa liat beberapa keyword terkait atau sinonim dari keyword yang kita ingin cari atau bisa dikatakan sebagai contoh keyword LSI.

Atau jika Anda ingin mencari contoh keyword LSI yang lebih lengkap, biasanya akan banyak terdapat di bawah hasil penelusuran Google.

cara mencari keyword

Mencari keyword LSI merupakan salah satu rahasia agar Anda bisa mendapatkan keyword yang tepat. Oleh sebab itu Long-Tail Keyword (LTK) maupun Latent Semantic Indexing (LSI) memang sebenarnya harus benar-benar diperhatikan dan diriset sebelum memutuskan keyword seperti apa yang harus dipakai untuk situs Anda.

  • Mengoptimasi dengan banyak kw apakah termasuk spammer pada meta kontennya oleh google gan. Tks informasi artikelnya.

    • Bisa jadi termasuk bang 😅 apalagi kalau udah over optimasi, malah bisa ketendang masuk Sandbox ama mbah, jadi pakai aja secukupnya bang. Kepadatan keyword usahakan hanya 3-7% jangan lebih 👍

  • Syahrul Ramadhan

    Mau tanya nih, kalau menggunakan tools pencari keyword seperti ubersuggest, keywordtool dan lainnya apakah aman atau enggak? apakah keyword tsb akurat nantinyaa? hehe makasih admin

    • sampai saat ini gak ada masalah, tentang akurat ya 11 12 dengan data real dari google, apalagi banyak yang pake dan banyak direcommended sama para IMers lainnya, jadi bisa dicoba-coba tuh 😎