VrigoNET – Google memang kini sedang digertak oleh Pemerintah agar sesegera mungkin diblokir jika memang sampai tahun depan, perusahaan besar asal Amerika Serikat tersebut masih enggan untuk membayar pajaknya.

Menkominfo Rudiantara juga menanggapi isu tersebut, menurutnya ia bersama jajaran Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sampai saat ini masih menunggu dan melihat perkembangan kasus Google terkini.

Rudiantara juga mengatakan bahwa opsi untuk memblokir layanan Google di Indonesia merupakan langkah yang paling terakhir, apalagi mengingat fitur layanan Google yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, tentu pemerintah harus butuh persiapan yang serius.

Namun sebenarnya yang patut dipertanyakan, apabila jika Google beneran diblokir di negeri kita yang tercinta ini, kira-kira siapakah yang bakal menggantikan Google nantinya? Penasaran, ayo simak ulasan berikut! Search engine alternatif jika Google Beneran diblokir:

Bing (Microsoft)

Bing adalah mesin penelusuran yang dibesutkan dan didirikan oleh Microsoft serta merupakan reinkarnasi atau generasi terbaru dari mesin pencarian terdahulunya yaitu Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Sampai saat ini Bing adalah salah satu mesin pencarian yang menjadi saingan rival Google Search, bahkan 15% dari populasi penduduk dunia merupakan pengguna aktif Bing.

Bing juga memiliki beberapa fitur unik yang tak kalah menariknya dari fitur layanan Google yaitu Interface Features, Media Features, Instant Answer, Bing Maps, dan Bing Travel, dan tentu masih banyak fitur lainnya yang akan disediakan Bing kepada para pengguna setianya.

Bahkan selain Bing, masih banyak sekali produk Microsoft yang bakal bisa memenangi pasar Indonesia, seperti layanan email Outlook, layanan penyimpanan online OneDrive, layanan panggilan dan pesan instan Skype, layanan pencarian suara Cortana, dan layanan berita terupdate MSN.

Yahoo (Verizon)

Walaupun level kompetisi Yahoo menurun drastis, namun menjadi jaya kembali pasti adalah impian Yahoo. Karena dulu Yahoo merupakan situs terbesar di Amerika Serikat, dengan memiliki pengunjung 700 juta orang AS dan 500 juta orang dari 30 negara setiap bulannya.

Sejak tahun 1997, Yahoo merupakan salah satu perusahaan yang sangat giat untuk menambah produk dan layanannya seperti Yahoo Mail, Yahoo Games, Yahoo Messeger, dan Yahoo Group.

Bahkan banyak sekali perusahaan yang telah diakusisi oleh Yahoo, salah satunya adalah situs layanan berbagi foto yaitu Flickr pada tahun 2005.

Geevv

search engine alternatifMasih belum mengenal Geevv? Geevv merupakan mesin penelusuran dimana sebagian besar pendapatan mereka ditujukan untuk membantu program sosial dan membangun fasilitas baru bagi masyarakat. Atau dengan kata lain Geevv bisa disebut sebagai Social Search Engine.

Jadi sekitar 80% penghasilan yang diraih Geevv akan didonasikan untuk membantu program sosial dan 20% lainnya akan ditujukan untuk pengembangan sistem Geevv kedepannya. Selain mendapatkan profit dari iklan, Geevv juga mendapatkan pendanaan dari Family Office Investment.

Namun disisi lain, pasti banyak yang bertanya, apa hubungan Geevv untuk menyaingi Google? Apa kelebihan dari Geevv? Apa hebatnya? Punyakah Geevv potensi sebesar itu?

Walaupun dilihat dari sistem databasenya, Geevv masih menggunakan API dari Search Engine Bing. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Geevv nantinya akan memiliki sistem database dan mesin pencarian mereka sendiri.

Geevv memang tidak memiliki potensi yang besar, namun dengan menguatnya kabar bahwa Google akan diblokir, tentu kita tidak bisa membiarkan Search Engine asing menguasai negeri ini lagi.

Indonesia harus belajar dari negara China, Jerman, Jepang, dan Rusia, dimana mereka sangat mendukung sekali Search Engine buatan negeri mereka sendiri. Geevv memang belum bisa mengeluarkan produk dan layanan terbaru mereka, tetapi apa salahnya jika kita mendukungnya.

Geevv juga kedepannya telah merencanakan untuk membuat produk turunan baru untuk menyaingi perusahaan Search Engine lainnya, walaupun sampai saat ini pihak Geevv belum memberitahukan apa produk baru tersebut.

Jadi kira-kira, Perusahaan siapakah yang bakal menggantikan Google nantinya? Silahkan komentar dibawah ya!