Setelah VR, Microsoft Perkenalkan Produk HoloLens ke Publik

0

VrigoNET – HoloLens atau sering juga disebut Microsoft HoloLens adalah sebuah teknologi komputasi yang menggabungkan antara virtual reality dan augmented reality (mixed reality), sehingga HoloLens sering dijuluki juga sebagai kacamata pintar yang canggih.

Mixed reality ialah fitur yang memungkinkan adanya tampilan grafis dan objek 3D yang ada di dunia virtual kedalam dunia nyata. Sehingga para pengguna HoloLens dapat secara langsung berinteraksi dengan benda-henda virtual yang didapat dari HoloLens tersebut.

Microsoft berharap dengan adanya HoloLens dapat membantu manusia modern saat ini dalam menyelesaikan tugas, project, bisnis, pendidikan, pembangunan dan konstruksi dalam waktu yang singkat dan dapat bekerja secara lebih efisien dan detail.

Ada 3 cara agar dapat berinteraksi dengan mudah bersama HoloLens, yaitu Gaze, Gesture, and Voice.

  • Gaze yang dibekali dengan sensor Built-in memungkinkan para usernya menggunakan pandangan untuk memindahkan kursor sehingga dapat memilih hologram. Jadi tinggal putar dan gerakan kepala ke arah tertentu, maka kursor akan langsung mengikuti.
  • Gesture adalah cara interaksi yang hanya menggunakan gerakan sederhana untuk membuka aplikasi, pilih dan item ukuran, serta drag atau drop hologram di dunia nyata.
  • Voice Command yaitu interaksi perintah suara untuk menavigasi, memilih dan mengontrol aplikasi yang ada di hologram. Sehingga dengan adanya HoloLens, para pengguna juga dapat secara langsung berkomunikasi dengan Cortana, yaitu asisten virtual berbasis suara yang ada di windows 10.

Dalam memasarkan HoloLens, tentu Microsoft menggunakan slogan yang simple dan menarik yaitu Connect, Create, and Explore.

Karena visi misi dibuatnya produk HoloLens adalah mendorong para pengguna untuk selalu berkomunikasi, menciptakan, berkolaborasi, dan mengeksplore suatu ide dan mengembangkan relasi yang ada disekitar lingkungan kita.

HoloLens juga akan diautentikasikan dengan Skype sehingga dapat memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dan berkolaborasi bersama dengan rekan bisnis maupun dengan klien.

Bahkan pengguna juga dapat berkreasi dan mendesain suatu gambar di relasi dunia nyata, mulai dalam bentuk objek 2D dan 3D.

Menuju Perubahan Teknologi Dunia

Inovasi dan ide terbaru seputar tentang perkembangan teknologi dunia tidak bisa kita hindari, apalagi dengan perubahan-perubahannya yang begitu cepat tentu kitalah sebagai manusia modern abad ke-21 yang harus juga cepat beradaptasi.

Bahkan perusahaan-perusahaan teknologi raksasa seperti Oculus, Microsoft, dan Google mulai menata kembali teknologi keseharian yang kita gunakan seperti Mouse, Keyboard, bahkan sampai Smartphone yang sering digunakan oleh kita setiap harinya.

Produk teknologi yang kita anggap adalah produk fiksi yang tidak akan pernah ada di dunia nyata, malah sudah berkembang sangat jauh diluar pikiran kita.