Perusahaan Startup Terbaik 2016 – Meniti karir di perusahaan terbaik merupakan impian semua orang. Ada yang memulai karirnya di perusahaan ternama dan ada yang meninti karir sendiri mulai dari bawah, contohnya perusahaan startup.

Apalagi banyak sekali pemikiran yang menghasut banyak orang Indonesia, dimana semakin besar gedung dan semakin mewah fasilitasnya, maka semakin baik pula kualitas jenjang dan menejemen kerja suatu perusahaan tersebut.

Padahal terbaik atau tidaknya perusahaan tersebut tak hanya bisa dinilai dari indikator itu saja, banyak sekali indikator yang dapat memutuskan apakah perusahaan tersebut adalah salah satu daftar perusahaan terbaik atau tidak.

Membahas seputar perusahaan, ternyata Jobplanet sebuah perusahaan komunitas online semi jejaring sosial yang selalu berbagi informasi terbaik mengenai perusahaan lokal maupun internasional telah mengeluarkan data fakta yang cukup unik.

Setidaknya terdapat 470.000 karyawan yang berpastisipasi dan 43.200 perusahaan yang ikut terlibat dalam penelitian riset dan survei yang dilakukan oleh Jobplanet.

Sebelumnya skor yang digunakan Jobplanet ialah dengan menggunakan nilai skala 1 hingga skala 5, dimana skala 1 merupakan penilaian sangat tidak puas, 2 merupakan tidak puas, 3 cukup puas, 4 puas, dan yang terakhir skala 5 merupakan penilaian sangat puas.

Tentu banyak sekali kategori dan aspek yang dapat kita ambil dari penelitian Jobplanet tersebut, namun kali ini kita akan membahas lebih detail seputar tentang perusahaan startup terbaik di Indonesia versi Jobplanet :

Sale Stock Indonesia

Sale Stock merupakan salah satu perusahaan startup di bidang e-commerce yang telah tumbuh berkembang cukup pesat di Indonesia.

Tingginya angka pertumbuhan Sale Stock di Indonesia disebabkan karena tingginya pula angka belanja masyarakat Indonesia ditambah lagi karena Sale Stock juga menawarkan harga jujur yang jarang bisa didapat di toko-toko terdekat dan e-commerce lainnya.

Selain itu banyak sekali warga negara lainnya seperti Amerika Serikat dan Jerman yang juga berkerja di perusahaan tersebut. Bahkan tak sedikit pula diantara mereka yang telah memiliki pengalaman kerja di perusahaan teknologi ternama seperti Apple, Facebook, Sony, dan Yahoo.

Jadi tidak perlu keheranan jika Sale Stock menjadi salah satu perusahaan startup terbaik di tahun 2016 ini bahkan menduduki peringkat pertama, dengan memperoleh rata-rata nilai kepuasan (4,38).

PT Global Digital Niaga (Blibli.com)

Blibli adalah salah satu e-commerce yang melopori konsep belanja online ala mall pertama di Indonesia dan merupakan produk pertama yang dihasilkan oleh PT Global Digital Niaga.

Selain itu demi mendukung kecepatan akses situs, Blibli bahkan menghabiskan dana hingga Rp 100 miliar untuk biaya perawatan server dan Rp 50 miliar untuk pengembangan desain dan meningkatkan pelayanan Blibli.

Dan tidak bisa disangka, kini PT Global Digital Niaga mendapatkan peringkat kedua sebagai perusahaan startup terbaik di tahun 2016 versi Jobplanet, dengan rata-rata nilai kepuasan (4,31).

Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu e-commerce yang menggunakan konsep marketplace dimana yang memungkinkan orang-orang dapat secara bebas berbelanja dan membuka toko online mereka secara gratis di Tokopedia.

Pada awal didirikannya, untuk mendapatkan dana memang sangatlah sulit mengingat era digital belum menyentuh Indonesia secara menyeluruh, termasuk akses internet.

Namun sejak tahun 2009 hingga sekarang, Tokopedia berangsur-angsur selalu mendapatkan suntikan dana dari beberapa perusahaan digital ternama seperti East Ventures, Cyber Agent Ventures, Netprice, dan SoftBank Ventures Korea.

Tokopedia pun mencetak rekor sebagai perusahaan teknologi yang mendapatkan dana terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2014 lalu, dengan suntikan dana sebesar USD$ 100 juta atau setara dengan Rp 1,2 triliun yang didapatkan dari Sequola Capital, SoftBank Internet, dan Media Inc.

Bahkan di tahun 2016 ini Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana sebesar USD$ 147 juta atau setara dengan Rp 1,9 triliun. Jadi pantas saja, jika Tokopedia yang telah menjadi e-commerce besar di nusantara menjadi salah satu perusahaan terbaik tahun 2016 menduduki peringkat ketiga dengan nilai rata-rata (4,19).

Traveloka

Traveloka pasti bukan nama yang asing lagi di telinga kita bukan? Tapi bagi yang belum tau, Traveloka merupakan perusahaan yang menyediakan layanan tiket pesawat dan hotel secara cepat dan mudah.

Didirikan tepat pada tahun 2012, dan mendapat dana investasi langsung dari East Ventures dan Global Founder Capital yang digunakan untuk membangun jaringan layanan baru seperti tiket hotel dan paket wisata.

Jika dilihat dari kinerja Traveloka, memang sangat efektif dan efisien, sehingga memang sudah sepatutnya jika Traveloka masuk di daftar perusahaan terbaik di tahun 2016 ini dengan skor (4,11)

PT Solusi Ecommerce Global (MatahariMall.com)

Setelah sukses berbisnis di bidang ritel dan memiliki jangkauan hampir di seluruh Indonesia, Matahari juga sadar bahwa menjalankan bisnis di bidang e-commerce juga memiliki potensi yang sangat besar.

Hingga akhirnya Lippo Group mengumumkan peluncuran Matahari versi online-nya yang bernama MatahariMall.com pada tanggal 25 Februari 2015, dan pada saat itu MatahariMall langsung mendapat dana dari Lippo Group sebesar USD$ 500 juta atau setara dengan Rp 6 triliun.

Bahkan MatahariMall.com juga memberanikan diri menyebut dirinya sebagai e-commerce terbesar dan nomor satu di Indonesia. Pasalnya di MatahariMall terdapat ribuan berbagai macam produk mulai dari fashion, aksesoris, kecantikan, bahkan hingga peralatan elektronik semuanya lengkap disediakan oleh MatahariMall.

Selain itu MatahariMall juga menerapkan sistem O2O yaitu Online-to-Offline dan Offline-to-Online, dimana sistem tersebut memungkinkan para pembeli MatahariMall agar dapat membayat, mengambil, bahkan mengembalikan barang yang sudah dibeli di seluruh cabang Matahari Departemen Store Indonesia.

Jadi walaupun masih tergolong e-commerce yang masih sangat baru, namun MatahariMall.com tak bisa dipandang sebelah mata, dan pantas saja jika dimasukkan sebagai perusahaan terbaik di Indonesia dengan memperoleh skor rata-rata (4,00)

Go-Jek

Go-Jek adalah perusahaan teknologi asli tanah air yang melayani masyarakat melalui angkutan transportasi yang bernama ojek dengan sistem berbasis digital.

Citra Go-Jek hingga kini memang sangat dikenal oleh masyarakat luas. Apalagi tepat sebelumnya yaitu pada saat Go-Jek didirikan, sudah terdapat 10 ribu pengemudi ojek yang mendaftar menjadi sopir Go-Jek, dan kini sudah lebih dari 200 ribu orang yang telah menjadi mitra Go-Jek.

Selain itu layanan Go-Jek juga tak hanya terpaku untuk mengantarkan penumpang saja, tetapi Go-Jek juga menyediakan layanan lainnya seperti mengantarkan makanan, kurir, kecantikan, pesan tiket, dan masih banyak lagi tawaran Go-Jek yang tersedia.

Sampai saat inipun setidaknya terdapat 40 perusahaan lebih yang ingin mengadakan kerjasama lebih lanjut bersama Go-Jek, dan diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Jadi pantas saja jika perusahaan inovatif tersebut menjadi salah satu bagian dari perusahaan terbaik Indonesia di tahun 2016 dan mendapatkan nilai skor sebanyak (3,91)

PT Kreatif Media Karya

 

PT Kreatif Media Karya atau sering disebut sebagai KMK Online adalah anak perusahaan dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek Group).

KMK merupakan perusahaan startup yang bergerak untuk mengembangkan infrastruktur nusantara dalam bidang digital, salah satunya seperti progamming.

Bahkan jasanya pun digunakan untuk membuat 4 situs berita yang cukup ternama di Indonesia yaitu antara lain Liputan6.com, Bintang.com, Bola.com, dan Vidio.com, bahkan versi aplikasi di perangkat Android dan iOS juga dibuat oleh KMK Online.

PT Kreatif Media Karya menduduki peringkat ke 7 sebagai perusahaan terbaik dengan perolehan skor (3,64)

PT Ecart Service Indonesia (Lazada.co.id)

Lazada merupakan salah satu e-commerce besar di kawasan Asia Tenggara, bahkan sayap Lazada kini telah beroperasi di sebagaian besar pasar negara-negara ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Filiphina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Lazada yang bercabang di berbagai negara di kawasan Asia Tenggara tersebut merupakan cabang dari Lazada Asia Tenggara, dan Lazada Asia Tenggara merupakan cabang dari perusahaan jaringan internet Jerman yaitu Rocket Internet.

Walaupun sejak dari tahun 2015 lalu, citra Lazada sering sekali terpuruk karena beredarnya promo diskon palsu serta kasus pengiriman barang yang salah, namun sampai saat ini sepertinya Lazada masih tetap menjaga integritasnya sebagai salah satu perusahaan startup terbaik dengan memperoleh skor (3,59)

Demikian artikel kami tentang Perusahaan Startup Terbaik di Indonesia, memang perusahaan diatas masih memiliki keterbatasan pelayanan dan fasilitas, tapi setidaknya ada beberapa startup negeri yang juga dapat membuktikan bahwa Indonesia gak kalah dengan perusahaan lain loh! Karena setidaknya startup kita berjaya di negeri sendiri