Pengguna Internet Indonesia 2016Di penghujung tahun 2016 ini, ternyata ada hadiah besar bagi para pegiat digital Indonesia. Karena nyatanya sudah setengah lebih rakyat Indonesia terhubung dan memasuki ranah dunia Internet.

Menurut data Asosiasi Penyedia Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa sudah 132,7 Juta lebih rakyat Indonesia sudah menjadi salah satu bagian dari Dunia Internet, ini berarti pengguna internet Indonesia sudah melampaui persentase sebesar 51,8% di negeri ini.

Tentu hal tersebut adalah perubahan yang cukup drastis, dimana pada saat di tahun 2014 saja, pengguna internet Indonesia masih menyentuh angka 88 Juta rakyat Indonesia yang menggunakan internet.

Itu berarti dari tahun 2014 hingga tahun 2016, pengguna Internet Indonesia telah meningkat sebanyak 44,7 Juta orang Indonesia, selama 2 tahun belakangan ini.

Hal ini juga berarti bahwa mulai saat ini dan seterusnya, dunia Digital bisa saja dapat mempengaruhi kehidupan Bangsa Indonesia dan menjadi alat reformasi negeri.

Mulai dari kehidupan politik, sosial, budaya, pendidikan, hingga pemerintah pun saat ini mulai sedang menggalakkan program digital, mulai dalam skala kota-kota besar di Indonesia maupun dalam skala nasional.

Oleh sebab itu tak usah heran jika saat ini banyak pula data yang menampilkan rating dan rata-rata waktu tonton di pertelevisian Indonesia yang dimana semakin hari semakin berkurang setiap waktunya.

So, sudah sangat jelas bahwa sekarang kita butuh para putra-putri bangsa yang selalu aktif, kreatif, dan inovatif dalam membangun negeri melalui dunia digital di masa abad ini.

Dampak Baik Bagi Blogger Indonesia

Naiknya pengguna Internet Indonesia pasti adalah kabar yang sangat menggembirakan bagi kalangan Blogger Indonesia.

Walaupun sebenarnya tak hanya Blogger saja, namun juga bagi Youtuber dan Instagrammer, apalagi bagi dunia Startup yang cukup booming sekarang ini.

Sobat pun juga harus terus sering meriset perkembangan lebih lanjut tentang dunia digital saat ini. Tentu ada beberapa skill yang sobat harus kuasai dalam menghadapi era digital saat ini, yaitu antara lain :

  1. Seach Engine Optimize (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)
  2. Marketing Digital dan Promosi
  3. Content Marketing
  4. Skill Stalking Informasi Terbaru
  5. Design dan Progamming (Skill Tambahan)

Susah? Emang iya, namun tentunya tak ada yang mustahil jika kita terus berusaha, masalah jago atau enggaknya itu urusan belakangan, yang penting terus belajar dan belajar.

Memang hal ini sangat berdampak baik bagi Blogger, Youtuber, dan Instagrammer Indonesia agar dapat terus berkarya dan mempromosikan konten situsnya, serta selalu aktif dan inovatif setiap harinya.

Walaupun secara tak langsung, dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia saat ini, juga berarti kita juga harus terus berkarya dengan hal-hal yang positif.

Karena tentunya, apa yang sobat buat dan sobat bagikan, pasti adalah tanggung jawab sobat sendiri.