VrigoNET – Twitter hingga kini masih menjadi salah satu media sosial terfavorit di Indonesia. Mulai digunakan dalam hal gerakan sosial, mencari informasi, sekedar menjadi remaja yang kekinian, hingga digunakan dalam hal berbisnis.

Bahkan di sepanjang tahun 2016 ini, Indonesia menduduki peringkat pertama dalam hal pengguna paling aktif dalam mencuitkan momen tertentu dan sering sekali cuitan tersebut masuk di trending topik dunia.

Ini berarti bahwa Twitter juga memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan peluang bagi pegiat bisnis digital Indonesia, terutama bagi sobat yang menjabat sebagai Internet Marketer.

Apalagi pengguna aktif harian Twitter kini sebagian besar ialah orang Indonesia. Yang menandakan Twitter juga memiliki keuntungan dan manfaat yang cukup besar sebagai tempat mempromosikan produk dan usaha sobat.

Jadi bagi sobat yang masih ragu untuk menggunakan Twitter sebagai sarana dan prasarana untuk mengembangkan peluang bisnis sobat, berikut ialah 3 manfaat Twitter yang sangat penting untuk diketahui bagi oleh para pelaku bisnis Indonesia :

Sebagai Tempat Seputar Informasi Usaha & Bisnis Sobat

manfaat twitter dalam membangun bisnis

Selain memakai Fanspage dan Instagram untuk menyampaikan isi produk dan berita terbaru seputar usaha yang sedang dijalani, nyatanya Twitter juga dibutuhkan untuk melakukan hal-hal yang sama seperti diatas.

Memiliki akun official di Twitter tak hanya dapat memperkenalkan brand saja, tetapi juga dapat langsung berkomunikasi dengan pelanggan setia sobat, sehingga dapat menambah kedekatan antara brand dengan audience maupun kepada calon audince.

Sebab komunikasi dan interaksi adalah salah satu hal penting dalam mengembangkan bisnis. Bukan hanya dapat lebih dekat dengan para audience, tetapi juga dapat membangun komunitas bisnis yang baik, terhindar dari kesalahpahaman, meningkatkan kualitas dan pelayanan, serta masih banyak lagi.

Dan yang paling penting ialah dapat mengetahui dan selalu up to date terhadap kondisi pasar negeri maupun internasional terkini.

Kini pun banyak official resmi bahkan akun personal yang aktif di dunia Twitter dengan menggunakan kultwit. Kultwit inilah yang dapat juga digunakan oleh sobat nantinya untuk menambah wawasan para audience untuk lebih mengenal produk sobat.

Manfaat kultwit tak hanya itu saja, bisa saja berupa quotes, penjelasan mengenai program dan inovasi terbaru sobat, memberi penjelasan tertentu untuk menghindari miss-komunikasi, dan masih banyak lagi manfaat dari kultwit ini.

Dapat Mengikuti Arus Tren Bisnis Terkini

manfaat twitter dalam bisnis

Manfaat yang kedua adalah dapat mengikuti arus tren terkini. Disinilah inovasi dan kreativitas para pelaku usaha diuji, dan jangan takut terhadap ide bisnis sobat yang aneh tersebut, karena sebenarnya tak ada ide apapun yang aneh.

Sebab jika sobat sudah memiliki ide untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani, langkah kedua hanyalah fokus tentang bagaimanakah cara agar ide aneh tersebut dapat dicerna dengan baik oleh banyak orang dan dapat dijalani.

Menjalani bisnis juga perlu memiliki skill adaptasi yang baik. Karena yang namanya tren tak ada yang bersifat permanen sama sekali, itu semua pasti akan hanyut tenggelam seiring berjalannya waktu.

Namun jika sobat sering aktif di Twitter, maka untuk melihat info-info yang sedang trending di dunia, dapat kita lihat sejenak di kolom trending topic Twitter sebagai referensi.

manfaat twitter dalam membangun bisnis

Seperti saat sedang maraknya orang membahas mengenai jaket dan payung yang digunakan oleh Presiden RI Joko Widodo. Maka pelaku usaha yang dapat melihat peluang dengan tepat, dapat langsung melihat kesempatan bisnis mereka, apalagi jika sedang masa trendingnya.

Jadi tak usah heran dengan isi kepala para pelaku bisnis, yang menjual Jaket dan Payung yang ber-merk sama seperti Pak Jokowi. Walaupun terkadang ide mereka aneh di mata sobat, tapi bisa saja itu adalah kesempatan untuk mencari tambahan rezeki 😀

Semakin Banyak Orang Yang Mengenal Bisnis Sobat

Secara tak langsung, dengan menggunakan sosial media seperti Twitter, orang-orang pun akan banyak yang lebih mengenal seputar tentang bisnis sobat tersebut.

Oleh sebab itu penting untuk selalu update informasi terbaru seputar bisnis terbaru sobat kepada khalayak umum, entah mengenai program-program terbaru, produk, tips bisnis, dan lain sebagainya.

Dengan selalu aktif di sosial media, para audience nantinya pasti akan berpikir bahwa sobat adalah pelaku bisnis yang serius dan memang berkomitmen untuk menjalani bisnis tersebut.

Dan orang-orang pun pasti akan lebih percaya untuk mengunjungi bahkan membeli salah satu dari produk bisnis sobat. Sama seperti para cewek, gak mungkin kan mereka akan menerima sobat menjadi pacar jika sobat gak aktif memberi perhatian ama dia kan?

lol, lupakan aja

Selain itu, setelah mendapatkan banyak audience yang telah menjadi konsumen aktif sobat, pasti feedback mengenai bisnis sobat pun akan datang bejibun banyaknya aamiin, apalagi jika memang pelayanan sobat memuaskan mereka.

Seperti kritik, saran, pertanyaan, dan komentar. Dan pada akhirnya bisnis sobat pun telah mendapatkan rating yang tinggi, dan apapun komentar konsumen yang dilontarkan nantinya dapat dijadikan inovasi dan evaluasi berikutnya untuk mengembangkan bisnis sobat.

So, itulah 3 manfaat twitter untuk bisnis yang paling penting harus diketahui oleh para pelaku bisnis Indonesia, terutama bagi para Usaha Kecil – Menengah (UKM) Indonesia.

Walaupun memang susah untuk membentuk komunitas bisnis bersama para audience setia sobat. Tetapi dengan adanya Twitter dan sosial media lainnya, maka untuk melebarkan sayap bisnis, hanya perlu komitmen dan keseriusan.