Tag Heading merupakan tag yang bertujuan untuk menunjukan format judul utama maupun pada subjudul-subjudul dalam sebuah konten, bahkan untuk judul lainnya yang terkait. Dan tentu banyak sekali Manfaat Tag Heading, terutama bagi SEO

Dalam penetapannya, Tag Heading memiliki 6 macam tag. Yaitu tag heading pertama yang sangat wajib digunakan yaitu <H1> sampai tag heading yang terakhir yaitu <H6>. Sehingga macam-macam tag heading tersebut ialah sebagai berikut :

<H1> Ini Heading 1 </H1>
<H2> Ini Heading 2 </H2>
<H3> Ini Heading 3 </H3>
<H4> Ini Heading 4 </H4>
<H5> Ini Heading 5 </H5>
<H6> Ini Heading 6 </H6>

Jika dalam penerapannya, biasanya yang paling sering dipakai dalam sebuah postingan ialah Tag <H1>, <H2>, <H3>, dan <H4>. Namun bukan berarti sesudah dari tag <H4>, para tag heading lainnya pun tak memiliki manfaat sama sekali, terkhususnya bagi tag <H6>.

Apalagi menganggap bahwa ilmu SEO pada Tag Heading sudahlah usang dan ketinggalan zaman, jika sobat berpikiran seperti itu maka pemikiran sobat sangatlah salah besar!

Walaupun tag heading hanyalah sebuah format judul dan subjudul pada sebuah konten/artikel, namun manfaatnya sangatlah besar bagi website sobat. Karena selain membuat situs sobat menjadi lebih user-friendly dan ramah akan tampilannya, juga sangat berarti bagi SEO sebuah situs.

Karena Mesin Telusur sangatlah teliti dalam mengindeks dan melihat struktur pada sebuah website, termasuk isi postingan dalam sebuah situs. Sehingga sudah dipastikan, bahwa dalam menerapkan Tag Heading, haruslah sangat teliti dan terstruktur dengan benar.

Tag Heading juga merupakan salah satu bagian dari jenis SEO On Page, sehingga apabila digunakan dengan baik dan benar, maka bagian-bagian dari situs sobat yang terkait pun juga kebagian teroptimasi oleh SEO.

Sehingga jangan sampai, Tag Heading yang sobat pakai malah tak teorganisir dan terstruktur dengan benar.

Apalagi biasanya kebanyakan dari template dan theme gratisan, terkadang kebanyakan memiliki struktur HTML yang masih kurang terstruktur rapi dan pengoptimalan yang belum disempurnakan. Sehingga memungkinkan dapat menurunkan nilai SEO pada situs sobat.

So, apabila sobat adalah termasuk orang yang sering menggonta-ganti tamiplan template website, maka telitilah dalam struktur HTMLnya, khususnya struktur Tag Heading. Karena secara tak langsung, spider pun juga menelusuri struktur kode yang ada di dalam situs sobat.

Lalu, Adakah Syarat Dalam Penggunaan Tag Heading?

manfaat tag heading bagi seo

Tentu saja ada, dan ini adalah salah satu aturan yang harus betul-betul dipakai.

Syarat yang pertama ialah penggunaan Tag Heading <H1>. Khusus untuk tag ini, sobat hanya boleh menggunakan satu tag saja dalam satu artikel maupun dalam sebuah halaman. Selain itu, dalam menggunakan tag <H1> sebaiknya sobat harus memakai kata Keyword yang mewakili seluruh postingan sobat.

Lalu bagaimanakah dengan Tag Heading <H2> sampai Tag <H6> ?

Dalam penggunaan Tag Heading setelah tag <H1>, tentu sobat bebas memakai berapa saja dalam menggunakan tag tersebut. Asalkan ya… sesuai kebutuhan 😀

Dan bagi penggunaan Subjudul, sangatlah disarankan untuk menggunakannya. Sebab tentunya dengan adanya subjudul, tentu hal tersebut juga sangat menguntungkan bagi website sobat, karena hal itu dapat  membuat situs sobat menjadi lebih mudah terindeks oleh Mesin Penelusuran Google.

Oke sobat, jadi masih tak mau memperhatikan penggunaan Tag Heading di situs sobat? Yakin…?

Namun apabila sobat masih belum mengerti dengan baik tentang Tag Heading, alangkah baiknya jika sobat untuk terlebih dahulu mempelajari Apa Itu Tag HTML. Sekian pembahasan tentang Manfaat Tag Heading Bagi SEO and See You Again!