VrigoNETSSL atau Secure Socket Layer adalah lapisan keamanan website yang digunakan untuk mengamankan data transmisi dan transaksi yang ada di dalam suatu website dengan menggunakan enkripsi yang canggih, sehingga memang banyak sekali manfaat dalam menggunakan sertifikat SSL.

Selain itu, SSL juga merupakan salah satu dari tulang punggung keamanan internet, karena SSL dapat melindungi informasi pribadi dan keamanan data yang terdapat di perangkat digital sobat.

Jadi bagi kalian yang memiliki media online, e-commerce, blog dan jenis website lainnya, tentu sangat dianjurkan untuk menggunakan Sertfikat SSL ini.

SSL bukan hanya dapat mengamankan data situs sobat, tetapi juga dapat mengamankan data para pengunjung setia situs sobat. Bahkan masih banyak lagi manfaat SSL yang sangat membawa dampak untung bagi keberadaan website sobat! Berikut adalah manfaat menggunaan sertifikat SSL:

Dapat Meningkatkan Peringkat dan SEO Pada Website

manfaat menggunakan sertifikat sslSebenarnya Google sudah jauh-jauh hari mengumumkan bahwa SSL akan membawa keuntungan bagi Website dalam segi SEO, tepatnya sejak dari Agustus 2014 yang lalu.

Alasan yang paling utama ialah karena hasil yang didapat oleh tim Google yang mengungkapkan bahwa situs yang menggunakan HTTPS terbukti lebih aman dibandingkan dengan situs yang memakai HTTP.

Oleh sebab itu Google saat ini memang sedang gencarnya untuk mendorong pemilik situs di seluruh dunia untuk segera memakai Sertifikat SSL, bahkan Google juga telah merevisi algoritmanya agar lebih ramah terhadap situs yang memakai SSL.

Menjaga Informasi dan Data Penting

manfaat menggunakan sertifikat ssl

Seperti yang penjelasan diatas, tugas utama dari SSL ialah menjaga data transmisi dan transaksi yang berjalan dengan menggunakan enkripsi yang canggih.

Nantinya data yang dikirim hanya bisa diterima oleh si penerima pesan itu saja, karena data yang telah ter-enkripsi tersebut dikirim dan diamankan melalui saluran HTTPS.

Dimana hanya antara pihak pengirim dan penerima saja yang mengetahui datanya sendiri. Sehingga data tersebut tidak dapat diterima, dimodifikasi, dan dirusak oleh pihak ketiga.

Berbeda dengan situs yang memakai HTTP. Data yang terkirim dari situs HTTP sebenarnya tidak menggunakan enkripsi yang begitu canggih, ditambah lagi saluran HTTP secara tidak langsung bisa dilihat dan diterima oleh pihak ketiga, dimana pihak tersebut bisa saja memodifikasi bahkan merusak data tersebut.

Oleh sebab itu Website yang memiliki data-data penting seperti situs perbankan dan situs e-commerce sangat penting sekali untuk menggunakan Sertifikat SSL yang memiliki keamanan yang tinggi, untuk menjamin keamanan data-data penting situs dan para pelanggannya.

Karena bayangkan jika data-data yang begitu sensitif tersebut, seperti informasi pribadi dan finansial dapat diketahui secara bebas oleh pihak ketiga, maka bisa saja pihak tersebut menggunakannya untuk perbuatan yang tidak bertanggung jawab tanpa sepengetahuan dari pemilik data itu sendiri. Contohnya seperti memperjual-belikan privasi dan data pribadi Anda.

Terlihat Profesional dan Terpercaya

Seperti ulasan diatas, SSL sangat penting sekali kegunaannya terutama untuk menjaga keamanan data-data penting, termasuk keamanan data pelanggan (konsumen) situs sobat.

Nah, disisi lain SSL pun begitu penting karena dapat menarik perhatian banyak orang, karena menganggap website tersebut dapat berkerja secara profesional, seperti situs-situs besar lainnya yaitu Bukalapak, Tokopedia, OLX, Waktuku, Tech In Asia, dan situs lainnya.

Apalagi website yang memiliki Sertifikat SSL pasti akan mengamankan segala bentuk data yang terkirim, seperti informasi pribadi, transaksi, data finansial (keuangan), dan bentuk data lainnya yang dapat membuat situs sobat menjadi lebih terpercaya di mata netizen dan konsumen sobat.

Website itu hampir sama dengan Bank yaitu sama-sama menyimpan data-data penting, jadi mana mungkin ada orang yang ingin menyimpan data-datanya di situs yang tak terpercaya karena keamanannya yang lemah?

Menghindari Pencurian Data Dalam Bentuk Pemalsuan / Phising

Apa itu phising? Phising adalah cara yang digunakan seseorang untuk meniru atau menduplikasi situs tertentu yang bertujuan untuk menjebak pengguna situs tersebut.

Biasanya jika pengguna situs tersebut telah memasuki perangkap, maka data-data penting yang berada di perangkatnya bisa saja disalahgunakan oleh pelaku phising tersebut seperti dibajak, dicuri, atau bahkan dijual.

Tetapi bagi website yang menggunakan layanan SSL, maka pelaku kriminal phising tersebut akan lebih kesusahan untuk menduplikasi situs tersebut dengan sempurna, sebab hal yang paling sulit bagi mereka untuk lakukan ialah menerima sertifikat SSL dengan tepat.

Sehingga hal inilah yang dapat memperkecil kemungkinan website SSL dapat dipalsukan, karena akan tampak sekali perbedaan yang mencolok antara situs asli dengan situs phising.