VrigoNET – Demi kenyamanan para pengguna Mobile, sepertinya Google tak akan main-main. Apalagi upaya Google untuk lebih mengedepankan pengguna Mobile kini sudah semakin terang-terangan, dan upaya yang paling populer yaitu ialah Accelerated Mobile Pages (AMP).

Yaitu sebuah ide yang cukup spektakuler, dimana Google berharap agar para pengguna Mobile dapat lebih nyaman untuk mengakses situs-situs yang tersebar di Internet dengan kecepatan loading yang super cepat.

AMP ditargetkan dapat mempercepat loading sebuah situs dalam waktu 3 detik saja, bayangkan apakah ada sebuah situs dapat sesecepat itu?

Bahkan yang mendukung tak hanya Google saja, banyak diantara para perusahaan besar pelopor teknologi yang tak tanggung-tanggung juga mengapresiasikan ide tersebut, salah satunya adalah Facebook.


Dalam tweet dari seorang pakar Digital Agency dari New York yaitu Lisa Barone mengatakan bahwa “Google membuat indeks mobile, yang akan menjadi indeks utama. Desktop akan menjadi Indeks Sekunder, kurang up to date“.

Lalu, ia melanjutkan dalam tweetnya yang berisi “Google masih memiliki indeks desktop, itu hanya tidak sesegar indeks mobile,”

Cukup jelas bukan?

Tak hanya sekedar pernyataan dari Lisa Barone, seorang SEO Consultant dari Chicago juga memberi pernyataan serupa yang berupa tweet yaitu “indeks mobile akan menjadi primer dan dekstop (menjadi) sekunder – pikirkan tentang apa perbedaan utama antara mobile dan dekstop”


Jadi, seharusnya upaya ini patut diapresiasikan mengingat pengguna Mobile yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, bahkan Indonesia pun sudah dikategorikan sebagai salah satu negara dengan pengguna Mobile terbanyak di dunia.

Apalagi survei yang diadakan langsung oleh Google, menyatakan bahwa 53% lebih pengguna Mobile akan meninggalkan suatu situs jika waktu loading situs tersebut sudah lebih dari 3 detik.

Belum lagi data-data dari pihak survey lainnya seperti comScore dan Statista yang menjelaskan bahwa sebenarnya pengguna Mobile terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu mengalahkan pengguna Desktop.

Google Memprioritaskan Mobile Dibanding Dekstop?
Pengguna Mobile dari 1/3 Negara – Negara Eropa

 

Google Memprioritaskan Mobile Dibanding Dekstop?
Perkiraan Pengguna Mobile Indonesia

Bayangkan apabila situs sobat tak dapat memuat halaman dengan baik dalam kurun waktu lebih dari waktu batas wajar?

Tentu bounce rate dalam situs sobat pun akan berpotensi naik, dan jika sebuah situs memiliki bounce rate yang tinggi tentu juga dapat menurunkan nilai SEO dalam situs itu sendiri.

So, ada 2 pilihan bagi sobat untuk menghadapi tantangan ini. Pilihan yang pertama adalah mengoptimalkan situs sobat dengan teknologi AMP atau pilihan yang kedua adalah memeriksa secara teratur kecepatan situs sobat dan meringankan beban loading serendah mungkin.

Walaupun belum ada keterangan lebih lanjut dan lebih formal dari pihak Google ‘Kapan hal ini akan terjadi’, namun tak ada salahnya jika kita untuk lebih up to date dan proaktif dalam menyikapi soal ini. Dan jangan lupa, untuk terus berkarya guys!