Sejak fitur Demote Sitelink pada Google Search Console hadir 9 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 18 Oktober 2007, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk kita mengucapkan “Selamat Tinggal”.

Pasalnya sudah dari beberapa hari yang lalu, fitur Demote Sitelink lenyap di Google Search Console dan entah apa alasan sebenarnya dari Pihak Google sendiri.

Baca Juga :

Menurut postingan Akun Official Google Webmaster di Google+, mereka mengatakan “Selama bertahun-tahun, algoritma kami telah menjadi jauh lebih baik dalam menemukan, menciptakan, dan menunjukkan tautan situs (Sitelinks) yang relevan, dan jadi kami merasa sudah waktunya untuk menyederhanakan hal.

hilangnya fitur demote sitelink

Lalu selanjutnya Google menerangkan bahwa “Proses ini sepenuhnya otomatis, Sitelinks telah berevolusi menjadi yang berbasis pada peringkat web tradisional, sehingga cara untuk mempengaruhi mereka adalah sama dengan halaman web lainnya.

So, sesuai keterangan diatas. Saat ini Sitelinks telah berevolusi menjadi sepenuhnya otomatis, bukan lagi default seperti pada fitur sebelumnya.

Jadi jika memang fitur Sitelink saat ini telah sepenuhnya otomatis, bagaimanakah cara kita untuk mengatur Sitelinks pada situs kita sendiri, apabila memang ada beberapa Halaman yang tak ingin kita perlihatkan?

Untuk mengatasi hal semacam diatas, sebenarnya Pihak Google Webmaster pun telah memberikan 3 tips dasar untuk mengatur dan meningkatkan kualitas Sitelinks pada suatu situs, yaitu antara lain:

  • Menyediakan dan selalu memperbaharui Struktur Website, berupa internal link dan anchor link pada Website Sobat.
  • Mengizinkan Google untuk menjelajah dan mengindeks situs Sobat, dengan menggunakan fitur Fetch dan Render di Google Search Console.
  • Dan jika Sobat tak ingin ada beberapa Halaman muncul di penelusuran terutama pada Sitelinks, maka gunakanlah Robot Metatag ‘noindex’ pada halaman tersebut.

Walaupun fitur Sitelinks yang sekarang menjadi lebih ribet daripada yang sebelumnya. Kita tunggu saja perkembangan lebih lanjut dari Algoritma Google yang terbaru saat ini, jika memang Algoritma Google saat ini telah menjadi semakin lebih baik dalam hal indexing.

Untuk lebih lengkapnya, Sobat dapat melihat keterangan dari Google Webmaster secara langsung disini. #RIPDemoteSitelinks

  • Hilang yaa? waduh, kemaren waktu masih domain .blogspot ada tuh sitelink ane 6 biji, sekarang ganti tld gaada satupun haha

    • namanya lain domain, lain DA dan PA bro 🙂 hehe, tetap semangat blogging lah!