VrigoNET – Tak terasa sekarang kita sudah berada di penghujung tahun 2016, dan tentu banyak sekali momen-momen berharga yang didapat dari tahun 2016 ini. Salah satunya adalah gebrakan teknologi terbaru di bidang Game.

Apalagi kini tampaknya ada yang sedikit berbeda dari Google Play. Karena nampaknya sudah dari beberapa hari yang lalu, Google Play telah merilis beberapa pilihan Game Terbaik di Tahun 2016 ini.

Setidaknya ada beberapa kategori yang dirilis Google Play yaitu antara lain, Game Terbaik Tahun 2016, Game Paling Kompetitif, Game Paling Inovatif, Game Indie Terbaik, Game Paling Trending, Game Paling Seru, Game Paling Nagih, Game Dengan Grafis Terbaik, dan Game Pilihan Keluarga Terbaik.

Jadi Game apakah yang terpilih oleh Google Play sebagai salah satu pilihan Game Terbaik di Tahun 2016 ini?

Game Terbaik 2016

Google Play telah menobatkan Game Terbaik 2016 pada salah satu permainan yang paling booming di sepanjang sejarah iOS dan Android, bahkan hampir membuat seluruh dunia ketagihan untuk memainkannya. Siapa lagi jika bukan Pokemon Go.

Bahkan dalam beberapa waktu yang cukup singkat, Pokemon Go berhasil menggapai 100 Juta pengunduh di tahun ini. Menyeimbangi rival barunya yaitu Clash of Clans.

Walaupun Pokemon Go juga sering mendapatkan permasalahan seperti handphone cepat panas, cepat menguras baterai, boros kuota, susah mendapatkan sinyal GPS, bahkan saat beberapa bulan yang lalu server Pokemon Go sempat down.

Game Paling Kompetitif

Game Kompetitif juga merupakan salah satu genre game yang paling sering dimainkan oleh para gamers, termasuk oleh mayoritas pengguna Google Play. Oleh sebab itu Google Play telah merilis 5 pilihan Game yang Paling Kompetitif di Tahun 2016 ini.

Dimana Clash Royale menduduki peringkat pertama pada kategori Game Paling Kompetitif di tahun 2016. Selanjutnya diikuti oleh Seven Knight, Lords Mobile, Crasher – MMORPG, dan yang terakhir adalah MU Origin.

Game Paling Inovatif

Pokemon Go tidak hanya mendapat gelar Game Terbaik 2016, ternyata selain gelar tersebut. Pokemon Go juga dinobatkan sebagai Game Paling Inovatif bersama dengan 4 Game lainnya.

Kebanyakan Game yang terpilih sebagai Game Paling Inovatif biasanya adalah Game yang memiliki ide konsep yang sangat unik dan berbeda dari yang lainnya.

Jadi disarankan agar sobat juga mencicipi 4 Game Paling Inovatif lainnya yaitu The Trail, Radeo Stampede: Sky Zoo Safari, Lifeline: Whiteout, dan Reigns. Jadi buruan coba ya!

Game Indie Terbaik

Ternyata Google Play juga mendukung adanya karya-karya dari para Indie Game Developer. Game Indie adalah sebuah video game yang dibuat secara independen (sendiri / tim kecil) tanpa adanya dukungan finansial dari penerbit.

Beberapa Game Indie yang telah sukses besar adalah Braid, World of Goo, Flow dan Minecraft. Namun kini nampaknya pihak Google Play lebih mendukung Game Indie yang masih baru tetapi sudah populer dibincangkan.

Sebut saja Mekorama, sebuah permainan puzzle tanpa batas level ternyata mendapat gelar peringkat pertama Game Indie Terbaik 2016. Lalu selanjutnya diikuti oleh Aquarium des abysses, Stack, Lost Journey, dan Riptide GP: Renegade.

Game Paling Trending

Berkat meme yang viral, kini Game Tahu Bulat menjadi salah satu Game Paling Trendig. Cukup mengejutkan bukan, bahwa game yang terbilang memiliki tampilan sederhana menjadi populer dimainkan banyak orang, terkhususnya oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi bisa dibilang karir yang cukup tinggi melejit di kalangan Game Developer lokal. Bahkan disaat baru diluncurkan saja, tepat pada tanggal 14 Mei 2016, jumlah pengunduh Game Tahu Bulat langsung mencapai 1 Juta unduhan.

Di kategori Game Paling Trending, posisi Tahu Bulat mendapatkan peringkat pertama mengalahkan posisi Pokemon Go yang mendapatkan peringkat kedua, lalu peringkat ketiga dan selanjutnya diisi oleh Clash Royale, Ultimate Ninja Blazing, dan Slither.io

Game Paling Seru

Game FIFA Mobile adalah salah satu game yang digemari oleh penggemar sepak bola terkhususnya. Jadi jangan kaget jika game mobile free-to-play ini menjadi salah satu Game Paling Seru di tahun 2016. Apalagi ditambah dengan fitur sepak bola yang hampir lengkap daripada game mobile sepak bola lainnya.

Di Posisi kedua terdapat Crisis Action yang tidak mau kalah eksis, bahkan banyak yang menjuluki Crisis Action sebagai Point Blank-nya Smartphone. Setelah itu disusul oleh CSR Racing 2, War Robots, dan Hungry Shark World.

Game Paling Nagih

Yang namanya Game pasti memang memiliki daya tagih yang kuat, namun tanpa disangka, lagi-lagi game buatan developer lokal ternyata masuk kembali di salah satu pilihan Game Paling Nagih versi Google Play.

Game lokal tersebut adalah Juragan Terminal, yang merupakan game hasil kolaborasi antara Agate Studio dengan Own Games sang pencipta game Tahu Bulat.

Dan tepat dibelakangnya terdapat game Farm Heroes Super Saga, Warung Chain: Go Food Express yang ternyata dikembangkan juga oleh Game Developer lokal, lalu Little Big City 2, dan Gardenscapes – New Acres.

Game Dengan Grafis Terbaik

Untuk bermain game pasti kualitas grafis adalah salah satu hal yang penting. Walaupun memang game yang tidak memiliki kualitas grafis yang tinggi juga masih dapat dinikmati dan disukai oleh banyak orang.

Apalagi tidak semua perangkat dapat mampu menjalankan game yang memiliki kualitas grafis yang tinggi. Namun nyantanya sudah banyak perusahaan besar yang mulai menggemborkan kualitas grafis berstandar tinggi dan dapat diakses oleh semua orang.

Selain itu, semakin tinggi grafis yang dimiliki sebuah game, maka tokoh karakter game tersebut akan semakin nampak real dan nyata. Sehingga para gamer pun lebih nyaman untuk memainkan game tersebut.

Salah satunya Mobius Final Fantasy yang merupakan game yang terpilih sebagai Game Dengan Grafis Terbaik versi Google Play, lalu HIT berada di posisi kedua, diikuti oleh Alto’s Adventure, Monster Super League, dan yang terakhir adalah Never Alone: Ki Edition.

Game Pilihan Keluarga Terbaik

Salah satu Game yang sangat diidam-idamkan oleh para orang tua, tentu adalah Game yang sangat kental bertema tentang keluarga, apalagi jika dilengkapi dengan sistem edukasi.

Sehingga si buah hati pun selain dapat terhibur, juga membuat otak mereka menjadi terasah setiap harinya. Jadi bagi para orang tua yang ingin mengisi waktu luang bersama dengan si pujaan hati, mungkin bermain Game Pilihan Keluarga Terbaik adalah pilihat yang tepat.

Ada beberapa Game Yang Terbaik versi Google Play yang dapat dimainkan oleh para orang tua bersama dengan para anaknya, yaitu yang pertama adalah ABC Kids – Tracing & Phonics. Game ini sengaja dirancang agar anak dapat dengan mudah beradaptasi terhadap pelajaran yang berhubungan dengan abdjad.

Selain itu ada 4 game lainnya yang juga dapat dicoba, antara lain Disney Emoji Blitz, Toca Life: Vacation, Sago Mini Road Trip, dan My Little Pony: Puzzle Party.

Jadi begitulah artikel mengenai Game Terbaik 2016 Versi Google Play, bagi sobat yang masih belom mencoba salah satu game diatas, ayo buruan instal dan mainkan ya!