VrigoNET – Arab Saudi bersama dengan Japan SoftBank berencana untuk mengumpulkan dana investasi dalam bidang teknologi sebesar USD$100 Miliar yang merupakan dana teknologi terbesar di dunia.

Investor terbesar yaitu Kerajaan Arab Saudi kini telah berkomitmen untuk memberikan sekitar $93 miliar kepada SoftBank Vision Fund, sedangkan sisa dana investasi lainnya akan dinaikkan dalam enam bulan ke depan untuk mewujudkan investasi senilai $100 miliar.

“Teknologi memiliki potensi untuk mengatasi tantangan dan risiko terbesar yang dihadapi umat manusia saat ini,” kata CEO SoftBank (SFTBF) Masayoshi Son.

Bisnis yang bekerja untuk memecahkan masalah ini akan membutuhkan investasi jangka panjang yang sabar dan mitra investasi strategis yang visioner dengan sumber daya untuk menumbuhkan kesuksesan mereka.” lanjut ujar Son, nama sapaan beliau.

Arab Saudi memang merupakan investor terbesar, setelah sebelumnya telah berinvestasi sebesar $45 miliar dari Dana Investasi Publik Arab Saudi (PIF).

Dari dana investasi Arab Saudi (PIF) tersebut, pihak SoftBank mengatakan bahwa investasinya akan difokuskan dalam bidang kecerdasan buatan (AI), robotika dan aplikasi mobile, serta sektor lainnya yang menjanjikan seperti infrastruktur komunikasi, biologi komputasi, bisnis internet konsumen dan teknologi keuangan.

Manfaat dari investasi besar ala Saudi ini dapat memungkinkan Kerajaan juga bisa turut campur tangan dan memiliki akses teknologi asing, ditambah lagi dapat memperbaiki ekonomi Arab Saudi mengingat ekonomi Kerajaan hampir runtuh akibat rendahnya nilai harga minyak dunia saat ini.

Selain Softbank dan Dana Investasi Publik Arab Saudi (PIF), investor dana baru tersebut juga mencakup Investasi Mubadala dari Abu Dhabi senilai $15 miliar, lalu Apple Inc, Qualcomm, Foxconn Technology Taiwan dan Sharp Corp dari Jepang.

Pernyataan dana investasi ini pertama kali diumumkan pada Oktober lalu oleh Masayoshi Son, Pendiri sekaligus CEO SoftBank bersama Pangeran Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman yang memiliki tugas untuk merombak ekonomi Kerajaan.

Selain dengan Kerajaan Saudi, SoftBank juga bekerja sama dengan Pemerintah AS yang dipimpin oleh Donald Trump dengan nilai investasi $50 miliar demi menciptakan 50.000 lowongan pekerjaan baru di Negeri Paman Sam tersebut.