Pasti sobat sering sekali merasa dan berpikir tentang, ‘bagaimana sih caranya agar bisa menjadi bisnis tanpa modal?‘ Pertanyaan tersebut sering sekali terngiang-ngiang di otak kita yang sangat kecil ini, apalagi jika sobat baru saja memulai suatu usaha.

Yang lebih parahnya lagi juga, pasti ada saja orang yang menghalalkan semua cara agar dapat menjadi orang yang sukses kaya dengan cepat dan dengan cara apapun itu.

Jadi apakah bisnis tanpa modal itu ada? Sebenarnya sejauh ini tidak ada bisnis yang dapat dimainkan tanpa modal apalagi gratis.

Padahal jika kita terus berpikir secara matang dan luas, sebenarnya semua bisnis itu pasti memiliki modal. Modal tersebut bisa saja berupa material atau non-material, nampak atau tak nampak, gratis ataupun harus pake pelicin, dan sumber daya lainnya.

Walaupun memang ada iklan atau promosi yang menyatakan bahwa mereka dapat memulai usaha dan menjadi sukses tanpa modal dan dalam waktu yang singkat.

Namun jika sobat sudah memulai bisnis dari iklan tersebut, pasti ada saja pengeluaran yang sobat keluarkan, padahal di iklan tersebut dinyatakan bahwa bisnis ini adalah GRATIS. Jadi sebenarnya tak ada yang gratis di dunia ini.

Jikapun sobat menemukan iklan tersebut dengan slogan yang sama dengan diatas, mungkin saja si pengiklan tersebut tak tau kaidah bahasa Indonesia dan tata cara membuat iklan dengan benar.

Atau mungkin saja maksud dari pengiklan adalah ‘DAFTAR’nya yang memang gratis, tapi pada saat sedang menjalankan bisnis tersebut, sobat pasti harus mengorbankan dan mengeluarkan seluruh waktu dan tenaga yang sobat miliki.

Jadi dengan kata lain, mereka hanya ingin bertujuan untuk mengincar uang bukan agar semua orang termasuk sobat dapat menjadi kaya dan sukses

Bahkan jika sobat ingin membuat sebuah makanan mie instan sekalipun atau makanan kaleng dan makanan cepat saji lainnya, semua itu pasti memiliki modal dan butuh waktu.

Yaitu bisa berupa panci, sendok, piring, kompor, dan Indomie itu sendiri, bahkan untuk memasak mie instan tersebut pasti juga membutuhkan waktu yaitu selama kurang lebih 3 menit lamanya. (Bukan endorse loh ya :3)

benarkah ada bisnis tanpa modal?

Kebanyakan orang juga sering memikirkan bahwa modal dalam memulai suatu usaha ialah hanyalah uang, padahal sama sekali TIDAK BENAR! Modal dalam membangun usaha bisa dalam bentuk apa saja, seperti penjelasan diatas tadi.

Jadi bagi sobat yang masih berpikir bahwa untuk memulai suatu bisnis itu bisa dimulai dengan gratis dan tanpa modal, ubahlah pikiran sobat itu.

Karena tak ada sama sekali suatu bisnis yang memang dapat dimulai tanpa modal sama sekali.

Sehingga sebenarnya tak ada yang namanya bisnis tanpa modal, tetapi dengan kata lain bisa saja disebut sebagai bisnis dengan modal yang kecil atau dengan modal yang terjangkau, dan dengan kata-kata lainnya yang lebih cocok dan relevan.

Jadi bagi sobat yang sedang berbisnis berbasis online atau nama simpelnya yaitu bisnis online, ubahlah pikiran dan prinsip yang hanya selalu menginginkan yang serba instan.

Karena dalam bisnis sebenarnya yang terpenting ialah selalu mengamati perkembangan dan arah angin dunia bisnis di dalam negeri maupun di skala dunia internasional.

Selain itu, slogan bisnis tanpa modal sebenarnya juga bisa dikaitkan dengan strategi Clickbait. Karena dengan judul-judul yang begitu menarik dan dengan fakta yang sedikit diplesetkan sehingga banyak orang yang mempercayainya begitu saja.

Padahal sudah banyak para master marketing yang menghimbau janganlah begitu percaya dengan adanya bisnis tanpa modal, apalagi dengan rayuan program lainnya yang dapat membuat sobat menjadi kaya raya hanya dengan duduk manis di rumah sobat.

Baca Juga :

Sehingga jadilah yang terbaik dan jadilah sukses dengan cara sobat sendiri, serta jadilah orang yang berprinsip teguh.

Jangan mudah terjebak dengan logika bisnis yang sesat dan tak logis, apalagi menjadi korban penipuan karena hanya ingin yang serba instan saja.

Jadi, semoga bermanfaat dan jadilah bagian dari orang-orang yang sukses, karena kesuksesan itu butuh dikejar bukan ditunggu apalagi hanya untuk dimimpikan.