VrigoNET iOS 11 merupakan pengumuman yang cukup mengejutkan. Adanya versi baru dalam sistem operasi besutan Apple Inc tersebut diumumkan dalam acara tahunan The Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2017 pada 5-9 Juni di San Jose, California.
Baca Juga :

Perubahan yang paling dinantikan di iOS 11 adalah perubahan tampilan mulai dari segi user interface hingga user experience, contohnya adalah desain baru dari Apple Store

Lalu yang akan menjadi fokus besar Apple dalam mengembangkan sistem iOS 11 ialah teknologinya, salah satunya adalah memasukkan teknologi Augmented Reality ke dalam iOS 11 ditambah fitur produktivitas lainnya.

“Kami membawa teknologi Augmented Reality (AR) di iOS 11 dan banyak fitur produktivitas lainnya,” kata Senior Vice President Software Engineering Craig Federighi.

Teknologi AR ini didukung ARKit yang memudahkan dan membantu para pengembang mendapatkan akses ke fitur kamera hingga menjadikan konten virtual dapat menampilkan gambar dalam format Augmented Reality secara langsung.

Beberapa perubahan baru pada sistem iOS 11 yaitu

  • Keyboard satu tangan
  • Siri yang lebih baru dan cerdas
  • Control center yang bisa diubah-ubah
  • Hapus aplikasi yang tidak berguna
  • Manajemen penyimpanan lebih baik
  • Screen recording
  • Smart Invert
  • Dan tentu masih banyak lagi fitur baru lainnya hingga tak bisa ditulis satu per satu

Perilisan final iOS 11 ditargetkan pada musim gugur sekitar bulan september 2017 mendatang.

Namun jangan bergembira dulu, sebab kabar baik ini ternyata akan menjadi kabar buruk bagi pengguna iPhone 5, iPhone 5C, dan iPad Generasi ke-4. Pasalnya ketiga perangkat tersebut ternyata tidak mendukung adanya pembaruan iOS 11, yang berarti iOS 10 merupakan tempat perhentian mereka.

Sedangkan iPhone 5S ke atas, iPad Air, iPad Pro, iPad 5, iPad mini 2, dan iPod Touch 6 dipastikan akan mendapatkan pembaharuan iOS 11. Tetapi tunggu dulu dan jangan anggap enteng, sebab ternyata kabar buruk lainnya yaitu iOS 11 tidak mendukung aplikasi 32-bit.

Jadi misalnya Anda menggunakan iPhone yang memiliki aplikasi 32-bit, lalu kedepannya ingin meng-upgrade sistem operasi ke iOS 11, maka aplikasi 32-bit yang Anda miliki akan seketika hilang.

Tapi ini adalah pengorbanan dan harga yang harus dibayar untuk kemajuan teknologi, malah yang harus Anda lakukan adalah komplain ke pihak pengembang aplikasi terkait untuk mengembangkan kembali aplikasinya.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin informasi lebih lanjut tentang iOS 11, Anda dapat mengunjungi halaman preview iOS 11 yang disediakan Apple disini.

 

Seputar iOS 11