VrigoNET – Perkembangan industri teknologi digital di Indonesia pertama kali dipelopori oleh perusahaan yang bernama Go-Jek, yaitu perusahaan layanan transportasi berbasis digital asli buatan anak bangsa.

Kini Indonesia ternyata juga memiliki harapan dan inovasi terbaru dari sekelompok mahasiswa yang terinspirasi akan permasalahan sosial di lingkungan dan masyarakat yang tidak pernah kunjung selesai.

Oleh sebab itu, lahirlah Geevv yaitu mesin pencarian yang mulai beroperasi pada tanggal 26 September 2016, selain dapat memberikan informasi layaknya mesin pencarian lainnya, Geevv juga ikut menjadi bagian dari program kegiatan sosial.

Sehingga muncul istilah yaitu bernama Social Search Engine yang berarti sebagian besar pendapatan yang diraih akan didonasikan menjadi bantuan sosial bagi orang-orang yang butuh bantuan dan terkena dampak musibah.

Karena setidaknya penghasilan Geevv yang rata-rata didapat dari periklanan sebanyak 80% akan diberikan kepada beberapa partner atau mitra program sosial yang terpercaya. Dan 20% penghasilan sisanya akan ditujukan untuk mengembangkan kinerja Geevv.

Sebelum Geevv, ternyata istilah Social Search Engine yang menyatukan fitur pencarian dan donasi sudah dilakukan oleh Search Engine asal Jerman yaitu Ecosia.

Ecosia sendiri sama halnya dengan Geevv yaitu masih menggunakan API milik Bing, namun bedanya Ecosia telah bekerja sama dengan Bing dalam hal periklanan atau bisa dibilang sebagai agen iklan.

Sehingga setiap peuntungan yang didapat Bing, sebagian untungnya juga akan diraih oleh Ecosia, hal inilah yang setidaknya belum dilakukan Geevv sampai saat ini.

Peluncuran Aplikasi Geevv

social search engine indonesiaJauh dari pemberitaan, ternyata Geevv diam-diam sudah meluncurkan aplikasi perdananya di Play Store. Di aplikasi Geevv, pada halaman utama akan tersedia laporan total donasi yang telah kita lakukan setiap searching, serta total donasi dari seluruh pengguna Geevv.

Pada menu bar akan tersedia kolom Masuk/Daftar, lalu kolom Blog, kolom Laporan Program yang berisi laporan keuangan program sosial Geevv, Halaman Lainnya, dan Umpan Balik untuk mengirimkan pesan kepada pihak Geevv.

Kolom pencarian juga difilter atau dibagi menjadi 4 kolom, antara lain kolom pencarian web, pencarian gambar, pencarian berita, dan pencarian video.

Walaupun jika kita lihat, Geevv masih menggunakan API milik Bing, sebab seperti yang dikemukakan bahwa untuk membuat indeks dan mesin pencari sendiri tidaklah mudah, dan sangat perlu butuh perjuangan, contohnya membuat bot spider.

Namun setidaknya ini membuktikan bahwa Indonesia juga memiliki potensi sumber daya manusia yang besar untuk menguasai pasar digital di negeri sendiri bahkan di Asia Tenggara.

Jadi bagi kalian yang penasaran dan ingin merasakan gimana sensasinya, buruan langsung download Aplikasi Geevv dan coba rasakan!