Tentu sobat pasti sering merasa bosan dan malas untuk mempelajari Algoritma-Algoritma Google yang pastinya memiliki ilmu yang cukup rumit dan ruwet. Apalagi yang cukup mengkagetkan ialah adanya Perbaharuan Algoritma Google Penguin versi 2016.

Pada awalnya, Google Penguin diluncurkan dengan tujuan agar mesin telusur dapat menjadi lebih baik dalam menemukan, menangkap, dan menghukum situs-situs yang berbau spamming di hasil penelusuran Google.

Pada saat baru diluncurkan tahun 2012. Keahliannya yang sudah diprogram untuk menemukan dan menghukum situs-situs spammer telah membuat perubahan besar dalam dunia Blogging Internasional tak terkecuali di Indonesia.

Sehingga sudah dipastikan, bahwa banyak diantara Blogger, Webmaster, dan para Pakar Ahli SEO di masa kini yang tak lagi main-main dan memandang sebelah mata tentang Google Penguin.

Apalagi baru-baru ini banyak para pakar ahli SEO yang mengatakan bahwa Google sudah memperbaharui sistem algoritma Penguin dalam sistem penelusurannya.

Walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa kabar tersebut masih dalam tingkat rumor, namun tak sedikit pula para blogger bahkan situs-situs besar sekalipun yang sudah menyiapkan dirinya untuk menghadapi Google Penguin versi terbaru.

Dalam mesin telusur Google pun sudah terlihat nampak bahwa baru-baru ini Google tampak semakin terperinci dan detail. Sehingga membuat spekulasi bahwa Google sudah menyiapkan sistem Google Penguin terbaru dengan bertahap sedikit demi sedikit.

Dan pastinya sobat juga harus mempersiapkan situs sobat untuk menghadapi apabila memang benar bahwa rumor tentang Algoritma Google Penguin akan diperbaharui dalam waktu dekat ini.

Dalam versi Algoritma Google Penguin kali ini, nantinya Google Penguin akan bekerja secara real-time dan terus-menerus untuk memperbaiki perbaikan-perbaikan yang ada secara bertahap dan berskala.

Apalagi pihak Google mengatakan “Penguin is Now Part of Our Core Algorithm” yang berarti bahwa sekarang Google Penguin sudah menjadi bagian inti dari sistem penelusuran Google.

Tetapi disisi lain Google juga berkata bahwa perbaharuan Algoritma Google Penguin kali ini adalah versi yang terakhir, yang berarti tak akan ada lagi perbaharuan-perbaharuan yang ada dikedepannya.

Namun tentu sobat harus terus membuka mata terhadap berita-berita terkini tentang Google Penguin yang terbaru, karena tak ada yang tau pasti kapan itu akan terjadi dan apa yang terjadi kedepannya terhadap situs-situs kita sendiri, terutama bagi situs-situs spammer.

So, walaupun kita harus terus was-was terhadap perubahan-perubahan Google Penguin, namun tentunya disisi lain juga membawa dampak yang sangat baik.

Karena dengan hilangnya situs-situs spammer, tentu hal tersebut juga membawa banyak manfaat yang sangat besar bagi kita semua.